Istighfar Robbana Faghfirlana Dzunubana Wakaffir Anna Sayyiatina, Doa & Dzikir Mohon Ampunan Dosa

Istighfar Robbana Faghfirlana Dzunubana Wakaffir Anna Sayyiatina, Doa & Dzikir Mohon Ampunan Dosa

Bacaan Robbana faghfirlana Dzunubana wakaffar Anna sayyiatina watawaffana maal abrar adalah lafadz doa yang bermakna mohon ampunan kepada Allah dari segala dosa kecil maupun yang besar.

Foto oleh RDNE Stock project

Berikut Kumpulan Doa & Dzikir Mohon Ampunan Dosa

رَبَّنَا فَاغْفِرْ لَنَا ذُنُوبَنَا وَكَفِّرْ عَنَّا سَيِّئَاتِنَا، وَتَوَفَّنَا مَعَ الأبْرَارِ

“Rabbana faghfirlana zunubana wa kaffir anna sayyiatina wa tawaffana maal abrar”

Artinya:

Ya Tuhan kami, ampunilah bagi kami dosa-dosa kami dan hapuskanlah dari kami kesalahan-kesalahan kami, dan wafatkanlah kami beserta orang-orang yang berbakti ”.

Bacaan doa ini diambil dari ayat Alquran (QS Ali Imran: 193).

Ciri orang yang bertakwa seperti kata Allah dalam Alquran Surat Ali Imran 133-134, salah satunya segera mohon ampun kepada Allah...

Karenanya mengucapkan istighfar dan berdoa memohon ampunan sangat dianjurkan untuk diamalkan kapanpun.

Istighfar dijadikan sebagai zikir dan wirid sepanjang hari, seperti yang dilakukan Rasulullah SAW yang senantiasa beristighfar setiap hari sebanyak lebih dari tujuh puluh kali (HR Bukhari).

Alquran banyak mengajarkan tentang doa-doa untuk mendapatkan ampunan dari Allah SWT, seperti doa yang dibaca oleh Nabi Adam AS, yang berbunyi,

“Rabbana zalamna anfusana wa in lam taghfir lana wa tarhamna lanakunanna minal khasirin

(Ya Tuhan kami, kami telah menganiaya diri kami sendiri, dan jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya pastilah kami termasuk orang- orang yang merugi)” (QS al-A’raf: 23).

Doa lainnya

رَبَّنَا إِنَّنَا سَمِعْنَا مُنَادِيًا يُنَادِي لِلإِيمَانِ أَنْ آمِنُوا بِرَبِّكُمْ فَآمَنَّا، رَبَّنَا فَاغْفِرْ لَنَا ذُنُوبَنَا وَكَفِّرْ عَنَّا سَيِّئَاتِنَا، وَتَوَفَّنَا مَعَ الأبْرَارِ

Robbana innana sami’na munadiyan yunadii lil imani an aaminu birabbikum fa aamanna. Robbana faghfir lanaa dzunubana wa kaffir ‘annâ sayyi’âtinâ, wa tawaffanâ ma’al abrôr”.

Artinya: “Wahai Rabb kami, sesungguhnya kami mendengar orang yang menyeru kepada iman, (yaitu), “Berimanlah kalian kepada Rabbmu”, maka kami pun beriman. Wahai Rabb kami, ampunilah dosa-dosa kami dan hapuskanlah kesalahan-kesalahan kami dan wafatkanlah kami beserta orang-orang yang berbakti”. (QS. Ali Imran : 193).

“رَبَّنَا آمَنَّا فَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا وَأَنتَ خَيْرُ الرَّاحِمِينَ“

“Robbana amannaa faghfir lana warhamna wa Anta khoirur rahimiin”.

Artinya: “Wahai Rabb kami, sungguh kami telah beriman, maka ampunilah kami dan berilah kami rahmat, Engkau adalah pemberi rahmat yang terbaik”. (QS. Al-Mu’minun : 109).

“رَبَّنَا أَتْمِمْ لَنَا نُورَنَا وَاغْفِرْ لَنَا، إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ“

“Robbana atmim lanaa nuronaa waghfirlana, innaka ‘ala kulli syai’in qodiir”.

Artinya: “Wahai Rabb kami, sempurnakanlah untuk kami cahaya kami dan ampunilah kami. Sungguh, Engkau Mahakuasa atas segala sesuatu”. (QS. At-Tahrim : 8).

Itulah Sayyidul Istighfar :

اللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّي لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ خَلَقْتَنِي، وَأَنَا عَبْدُكَ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ. أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ، أَبُوءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ وَأَبُوءُ لَكَ بِذَنْبِي، فَاغْفِرْ لِي فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا أَنْتَ

“Allahumma anta rabbî la ilaha illa anta kholaqtanî, wa ana ‘abduka, wa ana ‘alâ ‘ahdika wa wa’dika mastatho’tu. A’ûdzu bika min syarri mâ shona’tu, abû`u laka bini’matika ‘alayya wa abû`u bidzanbî, faghfirlî fa innahu lâ yaghfirudz dzunûba illâ anta”. 

(Ya Allâh, Engkau adalah Rabbku, tidak ada sesembahan yang berhak diibadahi dengan benar selain Engkau. Engkau yang menciptakan aku dan aku adalah hamba-Mu. Aku menetapi perjanjian-Mu dan janji-Mu sesuai dengan kemampuanku.

Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan perbuatanku, aku mengakui nikmat-Mu kepadaku dan aku mengakui dosaku kepada-Mu, maka ampunilah aku. Sebab tidak ada yang dapat mengampuni dosa selain Engkau). (HR Bukhari). 

Ketujuh: 

اللَّهُمَّ إِنِّي ظَلَمْتُ نَفْسِي ظُلْمًا كَثِيرًا وَلَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا أَنْتَ؛ فَاغْفِرْ لِي مَغْفِرَةً مِنْ عِنْدِكَ وَارْحَمْنِي، إِنَّك أَنْتَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ

“Allahumma innî dzolamtu nafsî dzulman katsîron, wa lâ yaghfirudz dzunûba illâ anta faghfirlî maghfirotan min ‘indika warhamnî, innaka antal ghofûrur rohîm”.

Itulah arti Robbana Faghfirlana Dzunubana Wakaffir Anna, Berikut Kumpulan Doa & Dzikir Mohon Ampunan Dosa. (sal/berbagai sumber)

Silahkan di SHARE jika bermanfaat bagi orang lain juga. Semoga menjadi amal jariyah kebaikan buat Kita semua, Aamiin.. 🤲 Jazakumullah Khairan Katsiran
Posting Komentar